Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD

Main Article Content

Putri Gea Aryanti
Afyra Ar’bah Lailany
Ika Amelia
Anggit Nur Hannaa Regita
Kiki Setiawan
Mesra Betty Yel

Abstract

Preschool (TK) or Early Childhood Education (PAUD) plays an essential role in shaping the foundation of knowledge, attitudes, and skills in children. The primary focus of early childhood education goes beyond stimulating, guiding, nurturing, and providing learning activities at school. Media learning, incredibly educational interactive media, becomes crucial in motivating and educating children. This study focuses on developing interactive multimedia-based learning media using Adobe Flash for TK and PAUD at TK Bamadita Rahman. Through interviews with the school principal and teachers, a needs analysis was conducted to evaluate the implementation of interactive learning media. The research addresses conventional learning challenges by designing an engaging, child-friendly interactive media application. The objectives include creating interactive media, serving as a reference for play-based learning activities, implementing interactive media, and assessing its effectiveness in TK and PAUD Bamadita Rahman. The study concludes that the learning application using Adobe Flash has been successfully designed, has the potential to cultivate an interest in animation among the younger generation, and enhances the efficiency of the teaching and learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aryanti, P. G., Lailany, A. A., Amelia, I., Regita, A. N. H., Setiawan, K., & Yel, M. B. (2024). Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–75. https://doi.org/10.59431/ajad.v4i1.282
Section
Articles
Author Biographies

Putri Gea Aryanti, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Afyra Ar’bah Lailany, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Ika Amelia, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Anggit Nur Hannaa Regita, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Kiki Setiawan, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Mesra Betty Yel, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

References

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. doi: 10.33578/kpd.v1i1.24.

Anyan, B., Kwintiana, A., Haetami, A., Safar, M., Sa’idah, S., & Fradi, J. (2023). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional. Jurnal Informasi dan Teknologi, 5(1), 132–142. doi: 10.37034/jidt.v5i1.292.

Darmadi, H. (2015). TUGAS, PERAN, KOMPETENSI, DAN TANGGUNG JAWAB MENJADI GURU PROFESIONAL.

Fachri, B. (2019). PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF BELAJAR BERHITUNG BERBASIS MULTIMEDIA PADA TK-IT AL WASHLIYAH KLAMBIR LIMA HAMPARAN PERAK. Jurnal Teknologi Informasi, 3(1).

Fadhlurahman, A. R. (2021). Implementasi Multimedia Interaktif Pengenalan Alphabet Berbahasa Inggris Menggunakan Augmented Reality Untuk Tk/Ra Mardhotillah. JURNAL MULTI MEDIA DAN IT, 5(1), 017–022.

Faroqi, A., Maula, B., Sains, F., & Teknologi, D. (2014). APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG (CALISTUNG). Edisi Agustus, VIII(2).

Fatchan, M. (2018). PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6.

Firza, S. U., Barus, A. C., Studi Akuntansi, P., & Bisnis, F. (2022). PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN TEMATIK ‘PENGENALAN DIRI’ BERBASIS MULTIMEDIA PADA SEKOLAH TK SANTO YOSEPH MEDAN. Agustus, 6(2).

Handika, I. G., & Purbasari, A. (2018). Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Hastuti, H., Giatman, G., Muskhir, M., Effendi, H., & Ghoer, F. R. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik. Jurnal Basicedu, 7(1), 241–249. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4300.

Irawan, E., Kusumah, Y. S., & Saputri, V. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SCRATCH: SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA SOCIETY 5.0. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 36. doi: 10.24127/ajpm.v12i1.6226.

Kus Eddy Sartono, E., Ambarsari, R., & Herwin, H. (2022). Interactive multimedia based on Indonesian cultural diversity in Civics learning in elementary schools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(4), 1192–1203. doi: 10.18844/cjes.v17i4.7136.

Kustiyahningsih, Y., & Rosa Anamisa, D. (2020). Sistem Informasi & Implementasi Untuk Pendukung Keputusan.

Kusumodestoni, R. H., Zyen, A. K., & MA, Z. A. (2015). APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TENTANG ALAT PERAGA EDUKATIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH.

Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau, P. (2018). PEMANFAATAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS Sri rezeki. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 856–864.

Mulyana, D. I., & Baihaqi, I. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI SPEECH TO TEXT BERBASIS ANDROID PADA ELEVENIA Selection and peer-review under responsibility of The 11th STIKOM CKI on SPOT. CKI On SPOT, 11(1).

Munawaroh, H., et al. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.1600.

Mustika, F. A., & Wibawanti, Y. (2021). PEMBUATAN DAN PELATIHAN MEDIA INTERAKTIF MENGENAL WARNA PADA TK AL FALAH. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 4(4), 346–353.

Nasution, M. I., Rahim, F., Manajemen Informatika, P., Teknologi Informasi, J., Komunitas Negeri Tanah Datar Jln Raya Tigo Jangko Lintau Buo, A., & Tanah Datar, K. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Agama Islam Untuk Anak menggunakan Macromedia Flash 8. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 17(2), 50–58.

Oktavia, M., Wara, F. A., & Woda, Y. W. B. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA, HURUF, BENTUK DAN WARNA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. Jurnal In Create (Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi), 7, 1–66.

Pradipta Yasa, K. A., Ariawan, K. U., & Sutaya, I. W. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI ELEKTRO LISTRIK UNTUK KELAS XI MIPA DAN IPS DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2), 199. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/716

Radion, Kristo, & S. S. (2012). Easy Game Programming Using Flash and ActionScript 3.0. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Retrieved from https://lib.unpak.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2531&keywords=

Rahman Hakim, A., & Windayana, H. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD.

Rezi, F., & Pramudita, R. (2020). Game Edukasi Interaktif Pengenalan Jenis Buah Berbasis Adobe Flash di Tk As-Syifa Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, 4(2), 175–184.

Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2). doi: 10.21831/jipi.v6i2.31985.

Septiawan, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret Kelas XI SMA.

Simbolon, M. H., Silalahi, D., & Banjarnahor, S. M. T. (2023). ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif TK Kana Nasional dengan Pemanfaatan Multimedia. Universitas Mandiri Bina Prestasi Jalan Letjend. Djamin Ginting, 1(1), 285–287. Retrieved from https://ejournal.umbp.ac.id/index.php/ulina/

Supriyanto, A. (2007). Web dengan HTML dan XML. Yogyakarta: Graha Ilmu, 7–10.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=9pULDgAAQBAJ&lpg=PA1&ots=5HTfjMAHQP&dq=desain%20dan%20pemograman%20multimedia%20pembelajaran%20interaktif&lr&pg=PR2#v=onepage&q=desain%20dan%20pemograman%20multimedia%20pembelajaran%20interaktif&f=false

Widodo, & Wulansari, B. (2019). Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Professional CS6.

Yenina, R. F., Tandi, D. Y., & Suryadi. (2022). PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN DAN ANGKA BERWARNA BERBASIS MULTIMEDIA. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 7(2), 99–109.

Most read articles by the same author(s)